Pulau tidung Kepulauan seribu selatan

Pulau tidung

Kepulauan seribu selatan

Pulau_Tidung.jpg

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Penggunaan wilayah di pulau ini berkembang ke arah wisata bahari seperti menyelam serta penelitian terhadap terumbu karang.

 

Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta oleh penduduk setempat ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang.

 

Sebagai salah satu tujuan favorit paket wisata, pulau tidung ini dapat ditemui perkampungan penduduk dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini ini akan melewati fasilitas umum, seperti kantor polisi, sekolah setingkat SMU untuk para pelajar dari pulau sekeliling, kumpulan warung dan menuju ke jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk.

 

Di awal jembatan penghubung ini, akan ditemui jembatan yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak anak kecil penduduk setempat memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa bergabung dengan mereka melakukan loncat indah di pantai biru tanpa ombak.

Di penghujung jembatan penghubung, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya.

 

Jembatan_cinta_tidung

 

Jembatan Cinta adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi salah satu tempat yang biasa dikunjungi bagi para wisatawan. Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter. Dari jembatan yang terbuat dari kayu ini, wisatawan dapat melihat pemandangan di dalam air laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang lincah berenang pada sisi-sisi jembatan. Saat pagi atau sore hari, jembatan ini menjadi tempat yang romantis untuk melihat matahari terbit atau terbenam. Anda juga dapat menguji keberanian dengan melompat ke dalam laut dari Jembatan Cinta yang tingginya sekitar delapan meter. Aktivitas yang biasa dilakukan para pengunjung Pulau Tidung.

 

IMG_20150613_144404_HDR.jpg    P_20150613_144400.jpg

 

Pada Saat menelusuri Jembatan Cinta ini,kita akan menjumpai bagian jembatan yang cukup tinggi,kurang lebih delapan meter dari permukaan laut dengan dasar laut sekitar empat sampai lima meter dengan kondisi air yang jernih serta arus laut yang relatif tenang. Berbicara soal Mitos, konon bagi setiap wisatawan yang loncat dari jembatan cinta ini dipercaya akan menemukan cinta sejatinya dengan cepat.

 

 

P_20150613_104236.jpg

 

Akses

Jembatan ini berada di Pulau Tidung yang dapat dicapai dari Muara Angke, Jakarta dengan waktu sekitar 2-3 jam. Jadwal kapal menuju Pulau Tidung sekitar pukul 07.00 WIB, jadi jangan sampai terlambat agar Anda tidak ditinggal. Karena perjalanan melalui air, maka Anda tidak akan dibosankan oleh kemacetan yang biasa terjadi di jalan-jalan darat menuju tempat wisata yang biasa terjadi pada musim liburan. Selain itu, untuk menikmati semua keindahan ini, biaya yang diperlukan tidak terlalu besar sehingga tidak perlu menabung lama untuk berkunjung ke Pulau Tidung. Biaya naik perahu menuju Pulau Tidung sebesar Rp 35.000,- per orang.

 

Disana saya dan teman-teman saya berlibur untuk menghilangkan kepenatan, dan menghibur diri. Sesampainya di pulau kami berfoto-foto, dan menikmati pemandangan sekitar sambil bersepeda

P_20150613_172310.jpg

Selain itu kami mencoba permainan air softgun yang sangat seru, kami menyewa senjata, pakaian, dan pelindung mata/kepala. Kami membagi menjadi dua tim untuk bisa saling menembak.

1434232662458.jpg

 

Dan masih banyak lagi kegiatan yang kami lakukan disana seperti snorkling melihat ikan-ikan laut sekitar, melihat trumbukarang, dan yang lainnya. Kami disana menginap disebuah penginapan yang kami sewa bersama. Disana fasilitasnya lengkap kamar tidur, kamar mandi, televisi dll.

Di pulau tidung kami sangat senang, kami bisa melihat tempat-tempat yang indah dan tempat-tempat yang menarik yang dimiliki Indonesia. Itulah pengalaman saya pada saat berada dipulau tidung bersama teman-teman saya, sekian dan terimakasi…

Buat temen-temen yang belum kesana coba deh… tempat ini recomendet banget.

 

 

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Tidung,_Kepulauan_Seribu_Selatan,_Kepulauan_Seribu

Iklan

Tentang yusupdarmatika

menjalani pendidikkan S1 di universitas gunadarma fakultas : ilmu komputer jurusan : SI ( sistem informasi ) 기도, 노력하고, 정신 .........,,,,, (n_n)
Pos ini dipublikasikan di tugas softskil. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s